Membandingkan Beras Coklat, Beras Merah, dan Beras Hitam

Membandingkan Beras Coklat, Beras Merah, dan Beras Hitam

Dengan sampai di artikel ini, tentu Anda memiliki rasa penasaran yang sama dengan saya ketika mulai menulis. Seperti apa perbandingan antara beras coklat, beras merah, dan beras hitam ?

Dan bagaimana dengan beras putih yang sehari – hari lebih umum di konsumsi masyarakat ?

Di artikel ini, Anda akan mendapatkan perbandingan keempat jenis beras tersebut dilihat dari berbagai parameter. Mulai dari kandungan gizi hingga manfaatnya.

artikel ini cukup panjang, Anda bisa mendownloadnya dalam benttuk PDF disini untuk dibaca nanti saat waktu luang )

Kita mulai artikel ini dengan…

Ketahui Dulu “Kerugian” Makan Nasi Beras Putih

Nasi dari beras putih yang (masih) merupakan makanan pokok kita, umumnya mengalami proses pewarnaan (polishing) agar tampak lebih putih.Semakin putih, konon semakin laku di pasaran.

Padahal, tahukah Anda, proses ini justru membuat beras putih kehilangan lapisan aleuron yang justru kaya akan vitamin B dan nutrisi lain.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ritika Samaddar dari Max Healthcare Saket, New Delhi, proses miling dan polishing yang dilalui beras putih dapat menghilangkan antara lain.

  • 67 % vitamin B3
  • 80 % vitamin B1
  • 90 % vitamin B6
  • 50 % zat mangan
  • 50 % zat posfor
  • 60 % zat besi
  • Semua serat serta asam lemak esensial

Bayangkan, betapa memakan nasi dari beras putih faktanya membuat Anda mengalami kerugian besar.

Seakan kondisinya tidak terlalu merugikan, beras putih juga sering diberikan berbagai zat tambahan yang berbahaya untuk tubuh Anda.

Sayangnya, orang Indonesia seakan tidak bisa hidup tanpa makan nasi. Bahkan ada ungkapan yang bilang ” Belum Makan Kalau Belum Kena Nasi “.

Apakah Anda juga salah satu yang begitu ?

cinta-beras

Penting untuk Anda ketahui juga, makan nasi putih tidaklah sebuah kejahatan, namun bagaimana bisa Anda mengkonsumsinya dengan takaran seimbang. Dan tentu saja diiringi dengan aktivitas fisik yang memadai untuk membakar kalori nya.

Informasi tentang beras putih menjadi pengantar tulisan ini. Sekarang, mari kita lanjutkan dengan ketiga tipe beras lainnya,:beras coklat, beras merah, dan beras hitam.

Beras Coklat dan Beras Merah

Mungkin Anda pun sudah tahu, bahwa beras coklat adalah beras yang menjalani proses yang lebih baik dibandingkan beras putih.

Beras coklat hanya melalui sekali poses penggilingan. Proses yang dilakukan itu hanya membuang lapisan paling luar dari beras sehingga banyak kandungan gizi yang bermanfaat tetap terkandung di dalam beras coklat.

Walau begitu, harga beras coklat malah lebih murah dibandingkan dengan beras putih. Berikut adalah perbandingan gizi antara beras coklat dan beras putih. Tampak bahwa beras coklat dan beras putih memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang relatif sama.

Perbandingan gizi beras coklat dan beras putih
Membandingkan beras coklat dan beras putih

Lalu, bagaimana dengan beras merah ?

Dua Beras Yang Manfaatnya Serupa ?

Ada alasan kenapa dalam artikel ini saya menempatkan beras coklat dan beras merah dalam satu pembahasan.

Menurut Gargi Sharma, seorang Ahli Manajemen Berat Badan,

” Ketika kita bicara tentang beras coklat dan beras merah, kita harus paham bahwa keduanya adalah sumber nutrisi untuk serat, vitamin B, kalsium, zat besi, zinc, mangan, selenium hingga magnesium “

” Namun, beras merah memilki kandungan antioksidan yang lebih kuat.”

Beberapa manfaat yang sudah diketahui dari zat – zat yang disebutkan antara lain :

  • Serat baik untuk pencernaan. Mencegah radang pada usus, melancarkan buang air besar hingga menyukseskan program diet.
  • Selenium merupakan suatu mineral yang baik untuk penyakit kanker, jantung, dan radang sendi, juga melindungi tubuh dari infeksi. Selenium diketahui juga membantu memperbaiki DNA yang rusak.
  • Mangan bermanfaat untuk memperkuat sistem syaraf dan sistem reproduksi.
  • Magnesium membantu mengurangi migrain, menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.
  • Kalsium menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah risiko arthritis, dan osteoporosis.
  • Zinc baik untuk pertumbuhan serta dalam penyembuhan luka
  • Zat besi adalah komponen penting dalam sel darah merah, sehingga membantu meningkatkan kebugaran serta mencegah anemia.

Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa baik beras coklat dan beras merah memiliki manfaat yang mirip untuk kesehatan kita. Kedua beras pun memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras putih sehingga baik untuk penderita diabetes.

download-banner-1
Download gratis eBook panduan pola makan penderita diabetes

Beras Merah Lebih Baik Dari Beras Coklat ?

Menurut sebuah studi, mengonsumsi satu cangkir nasi merah setiap hari ternyata bisa menurunkan risiko diabetes sampai 60 persen. Beras coklat, dari sebuah penelitian yang dilakukan Harvard, hanya mampu menurunkan resikonya sebesar 16 persen.

Lalu, jika memang mafaatnya relatif sama, apa yang membedakan beras merah dengan beras coklat ?

Saya akan berusaha menjawab pertanyaan Anda tersebut.

Beras merah berasal dari varietas yang berbeda dibandingkan beras putih juga beras coklat. Warna beras merah, berasal dari zat yang disebut antosianin. Zat ini tidak sekedar zat pewarna alami varietas beras tersebut.

Antosianin adalah antioksidan yang mampu melawan kanker. Selain menyembuhkan peradangan dan infeksi. Antioksidan pada beras merah jauh lebih kuat.

Sehingga, dapat disimpulkan, jika Anda memilih untuk kebutuhan penanganan diabetes, kanker dan infeksi, makan nasi beras merah harusnya jadi lebih favorit dibandingkan beras coklat.

Ada Bahaya Dalam Beras Merah ?

Sayangnya, dibalik besarnya manfaat, beras merah menyimpan apa yang bisa disebut dengan ” bahaya yang terembunyi ”

Kandungan antosianin dalam beras merah juga membuat beras ini lebih sulit dicerna. Terlalu banyak mengkonsumsi beras merah malah dapat merusak lambung.

Rasa beras merah pun cenderung kesat, sehingga mengurangi kenikmatan Anda saat makan.

Selain itu, ternyata beras merah mengandung zat yang berbahaya. Zat tersebut adalah asam fitat.

“Asam fitat akan menghambat penyerapan zat besi dan kalsium. Ini terjadi jika Anda mengonsumsi beras meras bersama dengan makanan yang kaya kalsium atau zat besi,” ucap Ghargi Sharma.

Bahkan saat membahas beras merah yang sudah dipercaya manfaat kesehatannya, Anda masih harus berpegang pada prinsip, bahwa tidak ada yang sempurna.

Bagaimana dengan beras hitam ?

Beras Hitam, Beras Yang Terlarang.

Dibandingkan jenis beras lain, beras hitam adalah beras yang paling sulit ditemukan di pasaran.

Tentu tidak mengejutkan juga untuk Anda jika menemukan harga beras hitam lebih mahal dibandingkan beras putih, beras coklat, dan beras merah.

Konon, dalam sejarah negeri China, beras ini bahkan disebut dengan ” beras terlarang“. Karena ketika itu, beras hitam hanya boleh dikonsumsi oleh kaisar dan keluarganya.

Beras hitam memiliki bulir beras yang mengkilap dengan ukuran yang lebih panjang dan lebih langsing dibandingkan beras lain.

Bagaimana perbedaan proses dari beras hitam dan beras lainnya ? Sebuah ilustrasi dibawah ini dapat memberi penjelasan :

proses pada beras
Proses pada beras dan hasilnya. Sumber http://foodcookingandrecipes.com/

Ketika dimasak, beras hitam akan tampak sedikit luntur dan berubah warna menjadi keunguan.

Setelah beras hitam diolah menjadi nasi, di titik ini pun Anda jadi penasaran, bagaimana perbandingan gizi dari nasi putih, nasi coklat, nasi merah dan nasi hitam ?

Berdasarkan apa yang dikatakan oleh Dr.Josh Axe , seorang dokter kaliber internasional yang bersertifikasi dalam pengobatan alami, maka dalam setiap 100 mg penyajian, kandungan gizi keempat beras tersebut adalah

Protein Zat Besi Serat
Nasi Putih 6.8 1.2 0.6
Nasi Coklat 7.9 2.2 2.8
Nasi Merah 7.0 5.5 2.0
Nasi Hitam 8.5 3.5 4.9

Walaupun baru membandingkan 3 jenis nutrisi, namun tampak disini bahwa beras hitam paling unggul kecuali dalam hal zat besi. Beras merah memiliki kandungan zat besi paling tinggi.

Informasi tambahan tentang kandungan gizi beras hitam dapat dilihat pada tabel nutrisi beras hitam untuk varietas Hoa Sua berikut

tabel-nutrisi-beras-hitam

Bagaimana manfaat kesehatan dari beras hitam ?

Secara garis besar, beras coklat, beras merah, dan beras hitam memiliki manfaat yang serupa antara lain

  • Baik untuk diabetes karena kandungan gula lebih rendah dibandingkan beras putih
  • Tinggi serat; baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan keberhasilan program diet.
  • Menurunkan kolesterol yang mampu memicu penyakit jantung koroner dan stroke
  • Mengandung berbagai mineral yang baik untuk sistem syaraf, tulang dan penyembuhan luka
  • Baik untuk mencegah kanker dan infeksi penyakit karena kaya akan antioksidan.

Namun, setuju tidak setuju, saya bisa bilang ke Anda bahwa beras hitam adalah beras terbaik diantara semua beras yang telah kita bahas sebelumnya.

Manfaat beras hitam mungkin sekilas mirip dengan beras lainnya, namun, seberapa besar manfaat tersebut mampu menjadi pembeda penting beras hitam.

Beras hitam adalah salah satu varian beras merah namun dengan kandongan antosianin yang lebih tinggi. Antosianin yang lebih tinggi berarti beras hitam memiliki antioksidan yang lebih tinggi.

Kandungan antisoksidan yang tinggi pada beras hitam ini setara atau bahkan melebihi kandungan pada buah – buah berry seperti blueberry, raspberry, dan cranberry. Namun, pada kelompok biji-bijian, beras hitam lebih tinggi kandungan antioksidannya.

“Sesendok beras hitam mengandung lebih banyak antioksidan. Ini memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar daripada sesendok blueberry. Kandungan gulanya sedikit namun lebih banyak serat, vitamin dan antioksidan,” kata Zhimin Zu, Profesor dari Louisiana and State University, Amerika.

Tentang kandungan antioksidan beras hitam, Anda bisa membaca lebih lanjut dalam rilis American Chemical Society berikut.

Berkat kandungan tinggi antioksidannya, beras hitam juga amat baik untuk proses detoksifikasi racun, membantu kerja liver Anda. Membuat tubuh Anda menjadi makin sehat hari ke hari.

Setelah Ini Apa Yang Akan Anda Lakukan ?

Anda sudah membaca perbandingan antaraberas coklat, beras merah, dan beras hitam. Membaca artikel adalah satu hal, mempraktekkan dalam kehidupan adalah hal yang lain.

Melihat fakta nutrisi yang telah diberikan, juga besarnya manfaat dari antioksidan, satu hal dapat kita simpulkan:

Beras hitam memiliki manfaat gizi yang lebih tinggi dibanding dengan beras merah dan beras cokelat, bahkan ketika keduanya digabungkan.

Sekarang giliran Anda, apakah setelah membaca artikel ini sampai disini, Membandingkan antara beras coklat, beras merah, dan beras hitam.

  • Mengurangi porsi makan Anda ?
  • Anda berpikir akan lebih bijak dalam mengkonsumsi nasi beras putih ?
  • Perlahan – lahan beralih ke beras alternatif lain ?
  • Mengajak keluarga Anda untuk juga beralih ?

Menjadi sehat adalah pilihan yang diberikan secara bebas kepada setiap orang. Namun, Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan mengalami suatu sakit. Apakah sakit itu ternyata sedikit banyak berasal dari nasi yang kita makan ?

Jika, Anda merasa jawabannya adalah ” ya “, maka memilih menjadi sehat adalah hal bijak yang bisa Anda lakukan sekarang.

Terimakasih sudah menyimak artikel membandingkan beras coklat, beras merah, dan beras hitam. ini hingga selesai.

Saya sangat senang bisa saling bertukar informasi, tips, atau ide di kolom komentar. Artikel ini pun silahkan disebarkan jika dirasa bermanfaat.

 

Suka Artikel Ini ? Langganan Yuk!
Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan kupon diskon dan berbagai update informasi lainnya lewat email
Kami tidak spamming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *